Pengembangan Media Papan Tulis Interaktif Berbasis Graphical User Interface
Abtadi Tris Hamdani, Florentina Widihastrini, Umar Samadhy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface pada materi petunjuk penggunaan alat muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan waterfall yaitu analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Ngemplak Simongan 01 dengan teknik sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV SD Ngemplak Simongan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, uji gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan tulis interaktif layak digunakan dengan skor penilaian komponen penyajian media 100, komponen isi materi 100 dan komponen kebahasaan 100. Media papan tulis interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 7,68 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,34435 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa memperoleh skor 354 dengan nilai 70,8 termasuk kriteria aktif pada pertemuan 1 dan memperoleh skor 480 dengan nilai 96 yang termasuk kriteria sangat aktif pada pertemuan 2. Simpulan penelitian ini adalah media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi petunjuk penggunaan alat dan meningkatkan aktivitas siswa.