Abstract

Abstrak


Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa di kelas IV SD N Salamsari adalah belum ada media flash card aksara Jawa, ada 20 siswa dari 31 siswa yang mengalami kesulitan dan 24 siswa dari 31 siswa yang kurang tertarik dalam membaca dan menulis aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media flash card aksara Jawa. Jenis penelitian ini adalah Research and development. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase yang didapat dari ahli media sebesar 93,8% dengan kriteria sangat layak, sedangkan persentase yang dicapai oleh ahli materi adalah 96,7% dengan kriteria sangat layak dan persentase respon siswa sebesar 99,4% dengan kriteria sangat antusias dan persentase respon guru sebesar 100% dengan kriteria sangat antusias. Hasil belajar uji skala besar untuk keterampilan membaca dan menulis mengalami peningkatan, dibuktikan pada hasil rata-rata posttest kelas IV pada keterampilan membaca aksara Jawa yaitu 75,1 dibandingkan dengan rata-rata pretest yang hanya 51,8 perolehan n-gain sebesar 0,483 dengan kriteria sedang, dan untuk keterampilan menulis aksara Jawa yaitu 75,90 dibandingkan dengan rata-rata pretest yang hanya 52,97 perolehan n-gain sebesar 0,487 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa media flash card aksara Jawa layak dan efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa terhadap hasil belajar siswa.


Abstract


This research was aim to developed, feasibility, and compare differences in learning out- The problem that is found in Javanese language learning in Javanese Alphabets material in IV grade of Salamsari elementary school is that there is no media flash card Javanese Alphabets, there are 20 students from 31 students who have difficulties and are 24 students from 31 students less interested in reading and writing Javanese Alphabets. This study aims to find out the feasibility of the media, and find out the effectiveness of the media. This type of research is Research and development. Data collection techniques performed are test and non-test techniques. The data analysis technique used is normality test, homogeneity test, t-test and n-gain test. The results shows that the percentage obtained from media experts is 93.8% with very feasible criteria, while the percentage achieved by material experts is 96.7% with very feasible criteria, and percentage respons student is 99,4% with very enthusiastic criteria, and percentage respons teacher is 100% with very enthusiastic criteria. Large-scale test learning results for reading and writing skills have increased with the acquisition of medium criteria. It is proven by the average results of class IV posttest on Javanese literacy skills, which is 75.1 compared to the average pretest which is only 51.8 with the acquisition of medium criteria and n-gain of 0.483, for Javanese Alphabets writing skills that is 75.90 compared with the average pretest which is only 52.97 with the acquisition of medium criteria and n-gain acquisition of 0.487. The conclusion of this study is that Javanese Alphabets flash card media is feasible and effective to be used in Javanese language learning on student’s learning outcomes.