Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu cara untuk mencegah krisis moral yang terjadi di Indonesia. Implementasi pendidikan karakter membutuhkan bantuan dari pihak sekolah khususnya guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bimbingan guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) siswa kelas IV SDN Ngadirgo Kecamatan Mijen Koa Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 44 orang terdiri atas 1 kepala sekolah, 1 guru kelas, 1 petugas perpustakaan, 1 penjaga sekolah, dan 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran guru sebagai pembimbing dalam PPK meliputi mendorong berkembangnya perilaku positif dalam pembelajaran dan membimbing peserta didik memecahkan masalah dalam pembelajaran, (2) Implementasi PPK dilaksanakan dengan menanamkan 5 butir karakter PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Simpulan penelitian ini meliputi (1) Guru dapat menjalankan perannya sebagai pembimbing dalam PPK dengan baik (2) Bimbingan guru dapat menguatkan karakter siswa.


 


Character education is one of the ways to preventing the moral crisis that happened in Indonesia. The implementing of character education needs help from the school, especially teachers. The aim of this research was to analysis of teacher’s guidance in PPK the fourth grade student of  SDN Ngadirgo 01, Mijen Subdistrict, Semarang City. The type of this research was descriptive with qualitative approach. The subjects of the research were the headmaster, the teacher, and 40 students. The data collection techniques used interview, observation, questionnaire, field note, and documentation. The results of the research were : (1) the role of the teacher as guide was motivated to develop a positive attitude and guiding students to solve tehe problem; (2) the implementation of PPK is done with cultivating five grains of PPK characters, which are : religious, nationalism, independent, cooperative, and integrity. The conclusion of the research includes: (1) teacher does his job as guidance in PPK well; (2) teacher’s guidance can strengthen the character of students.