PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA
Woro Mahardikaning Pratiwi, Ali Sunarso
Abstract
Abstrak
Penelitian komparatif ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan atau perbedaan penggunaan media
audio visual dan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN Gugus Cakra Kota Semarang dengan sempel sebanyak 76 siswa diambil menggunakan teknik
cluster random assignment. Pengumpulan data menggunakan teknik test, dokumentasi, wawancara dan
catatan lapangan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji sample t-test. Hasil penelitian menunjukan
adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan media audio visual dan media gambar terhadap hasil
belajar IPS siswa. Hasil belajar IPS siswa kelas IV menggunakan media audio visual menunjukkan
sebanyak 30 siswa atau 78,9 % memperoleh rata-rata nilai 78,5 dengan KKM 70. Sedangkan hasil belajar
IPS siswa kelas IV menggunakan media gambar menunjukkan sebanyak 28 siswa atau 73,6 % memperoleh
rata-rata nilai 74,8 dengan KKM 70. Hasil belajar menunjukan penggunaan media audio visual mendapat
rata-rata lebih tinggi dibandingkan media gambar, artinya penggunaan media audio visual lebih efektif
dibandingkan dengan media gambar. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test dengan bantuan program SPSS, Pada output diketahui t hitung 3,223, t tabel 2,434, Df 74.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan t hitung dengan t tabel dan probabilitas. Nilai t
hitung > t tabel = 3,223 > 2,434 dan nilai Sig. (2 – tailed) < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan
yang signifikan dari hasil belajar IPS siswa kelas IV yang menggunakan media audio visual dengan hasil
belajar IPS menggunakan media gambar.
This comparative study aimed to discuss the comparison between using audio visual and picture media
towards students' social studies learning outcomes. The subjects of this study were 76 fourth grade students
of Gugus Cakra Elementary School Semarang City taken using cluster random assignment technique. Data
collection used technical tests, documentation, interviews and field notes. Analysis of this research data
used t-test sample. The results of the study showed a significant difference from the use of audio-visual
media and picture media towards students' social studies learning outcomes. Social studies learning
outcomes of fourth grade students using audio visual media showed that 30 students or 78.9% received an
average score of 78.5 with Minimum Passing Criteria (KKM) 70. Meanwhile, the social studies learning
outcomes of fourth grade students using picture media showed as many as 28 students or 73.6% got an
average score of 74.8. Learning outcomes showed that the used of audio-visual media got an average higher
than the pictute media, meaning that using audio-visual media was more effective than picture media. Based
on hypothesis testing using the t-test Independent Sample test with the SPSS assistance program, the output
showed tcount 3.223, ttable 2.434, Df 74. Hypothesis testing is done by comparing tcount of ttable and probability.
The value of tcount > ttable = 3.223> 2.434 and the value of Sig. (2 – tiled) < 0.05, so Ho was rejected. It
2
meant that there was a significant difference of social studies learning outcomes of fourth grade students
which utilized audio-visual media with social studies learning outcomes using picture media.