Abstract

Abstrak


 


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dikarenakan dalam pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL dan TAI berbasis Literasi Matematis terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Amongsiwi Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Hasil perhitungan dari uji ketuntasan belajar menunjukkan rata-rata posttest model pembelajaran PBL berbasis literasi matematis lebih tinggi dibandingkan TAI berbasis literasi matematis dan kelas kontrol. Nilai Zhitung  eksperimen 1 = 2,74, eksperimen 2 = 2,141, dan kelas kontrol = -5,952 yang menunjukkan kelas eksperimen 1 lebih tingi dibandingkan eksperimen 2 dan kelas kontrol. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen 1 = 0,71 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 = 0,64 dan kelas kontrol = 0,34 . Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis literasi matematis lebih efektif diterapkan pada pembelajaran matematika dibandingkan TAI berbasis literasi matematis dan kelas kontrol.


Abstract


 


The problem in this study is the low learning outcomes of class 4th students because learning is still teacher-centered so students are less active in learning The aims of this study to test the effectiveness of PBL and TAI based on mathematical literacy on the mathematics learning outcomes of 4th students. This research is an experimental study that uses Quasi Experimental design with a technique in this study form Cluster Random Sampling. The subject of this research were 4th grade students of SDN Gugus Amongsiwi Kranggan Temanggung. The results of the learning completeness test calculations showed that the average posttest of the experimental class 1 is higher than experimental class 2 and control class. Zcount experimental class 1= 2,74, experimental class 2 = 2,141, and control class = -5,952 which shows that experimental class 1 is higher than experimental class 2 and control class. N-Gain experimental class 1 =071 higher than the experimental class 2 = 0,64 and the control class = 0,34. So it can be concluded that PBL learning models based on mathematical literacy are more effective to be applied in mathematics learning than TAI learning models based on mathematical literacy and control class.