Abstract

Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Kota Kudus Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Kota Kudus yang efektif digunakan oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar-mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar materi menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develompment.  Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa bahan ajar telah lolos uji kelayakan dengan persentase komponen kelayakan materi 88,6% dan komponen kegrafikan 80%, dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar membaca berbasis lokal efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Panjunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Kota Kudus efektif terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,669 dengan kriteria sedang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menyediakan atau mengembangkan bahan ajar berbasis lokal dalam bentuk lain yang lebih bervariasi agar hasil belajar dan pemahaman siswa meningkat.


This study aimed to develop local-based reading teaching materials in Kota sub-district, Kudus that were effectively used by teachers and students in teaching and learning Indonesian language subject in grade IV elementary school, exploring new knowledge found in nonfiction texts. The research method used was Research and Development. The results of expert assessment indicated that the teaching material had passed the feasibility test with the percentage of the material feasibility component 88.6% and the component of graphics 80%, with criteria very feasible. Local-based reading teaching materials were effectively used in Indonesian language learning towards the learning outcomes of fourth grade students at Panjunan 2 elementary school.  The results showed that the local-based reading material in Kota sub-district, Kudus was effective against cognitive learning outcomes as evidenced by the n-gain of 0.669 with moderate criteria. The researcher suggested that teachers could provide or develop local-based teaching materials in other varied forms so that students' learning and understanding results increase.