KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Najma Ayu Al-Husna, Fitria Dwi Prasetyaningtyas
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan model pembelajaran yang digunakan guru belum terprogram dengan baik, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal, dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Time Token berbantuan media Audiovisual dan mendeskripsikan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran. Desain penelitian eksperimen ini adalah Quasi Experimental Designb erbentuk Nonequivalent Control Grup Design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audiovisual diperoleh thitung 5,4460> ttabel 1,997 maka Ha diterima dengan rata-rata hasil pretest kelas kontrol yaitu 42,8 dan kelas eksperimen 56,6 memperoleh peningkatan pada saat Posttest kelas Eksperimen 74,3 sedang kelas kontrol 54,26. Oleh karena itu, model Time Token berbantuan media Audiovisualefektif digunakan dan dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru.
This research is based on the implementation of learning models that is used by teachers not well programmed, the lack of learning media, and the lack of student’s participation. This research aims to know the effectiveness of Time Token learning model with Audiovisual media and to describe students activity on learning process. The design of experimental research is quasi experimental design, especially nonequivalent control group design. The researcher used the observation, test, interviews, questionnaires, and inquiry to collect data. The research used the purposive sampling technique to take the sample. Based on the data analytic, after the students are given the treatment with Time Token learning model with Audiosiual media. The result show tcount is 5.4460 > ttable 1.997, so Ha is accepted with the control class pretest mean is 42.8 and the experimental class pretest mean 56.6 and it increased with control class posttest mean is 54.26 and experimental class mean is 74.3. So Time Token learning model with Audiovisual media is effective to be used and can be an alternative learning for teachers.