PEMBELAJARAN GAMBAR CERITA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS VB
Rendra Kusuma Pradana, Atip Nurharini
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran gambar cerita dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional siswa, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran gambar cerita, dan bentuk kecerdasan sosial emosional siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang berjumlah 38 anak dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi berupa foto serta video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada pelaksanaan pembelajaran gambar cerita untuk mengembangkan kecerdasan sosial emosional siswa termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Kemudian bentuk kecerdasan sosial emosional siswa juga berada dalam kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gambar cerita dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang.
_________________________________________________________________
Abstract
___________________________________________________________________
This study aims to describe the implementation of story pictures learning in developing students emotional-social intelligence, students learning activities in the story pictures learning, and students emotional-social intelligence in grade 5th B SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang. This study employed a qualitative type. The sample of this study was school principals, teachers, and 38 students using purposive sampling technique. The data collection was conducted through observation, interview, questionnaire, field notes, and documentation in the form of photos and videos. The technique of data analysis was qualitative analysis. Based on the result of the study, the implementation of story pictures learning to develop students emotional-social intelligence was in the good category. Students learning activities was in the good category. Students emotional-social intelligence was in the good category. From the result of the study concluded that the implementation of story pictures can develop students emotional-social intelligence in grade 5th B SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang.