PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MUATAN SBdP MATERI GERAK ANGGOTA TUBUH
Beta Amalia Zuliazani, Deasylina da Ary
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui hasil kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis flash pada materi gerak anggota tubuh tema hewan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) diadaptasi dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Ngadiwarno berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flash sangat layak digunakan dengan memperoleh hasil persentase sebesar 98,44% oleh ahli media dan 96,88% oleh ahli materi. Hasil peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif kelompok kecil sebesar 0,685 dan psikomotorik sebesar 0,596 masing-masing mendapatkan kriteria sedang. Hasil belajar Psikomotorik pada kelompok besar sebesar 0,475 dan kelompok kecil sebesar 0,613 dengan masing-masing mendapat kriteria sedang. Selain itu media pembelajaran berbasis flash mendapatkan tanggapan guru dan siswa dengan persentase 100% pada skala kecil dan skala besar mendapatkan persentase 96,7% dari siswa dan 93,8% dari guru. Simpulan penelitian adalah media pembelajaran berbasis flash materi gerak anggota tubuh tema hewan layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar.
This study aims to develop, find out the results of feasibility, and test the effectiveness of learning media based on flash on motion material of limbs mimicking animals. This type of research is Research and Development (R & D) adapted from Sugiyono. The subjects of this study were grade I students at SD Negeri 1 Ngadiwarno totaling 35 students. The results showed that learning media based on flash was very feasible to use by obtaining a percentage of 98.44% by media experts and 96.88% by material experts. The results of the test increase of cognitive on a small scale results of 0.685 and 0,596 on a large scale. And the results of the test increase of psychomotor on a small scale results of 0.475 and 0.613 on a large scale. From the results of the teacher and student responses to the media is very good with a percentage of 100% on a small scale and on a large scale get a percentage of 96.7% of students and 93.8% of teachers. The conclusion of this study was the learning media based on flash body motion material mimicking decent and effective animals in improving student learning outcomes 1st grade elementary school.