KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV
Muhammad Fatkhur Roziq, Trimurtini
Abstract
Abstrak
Matematika adalah ilmu abstrak yang membutuhkan benda konkrit agar lebih jelas dipahami. Berdasarkan observasi ditemukan bahwa hasil belajar matematika kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran CTL dengan media tangram terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk nonequivalent kontrol group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, dimana siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 02 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis uji hipotesis menggunakan uji z, uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL dengan media tangram lebih efektif daripada kelas kontrol dengan ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak mencapai 75%, thitung (3,6657) > ttabel (1,67) dan n-gain kelas eksperimen (0,7046) > kelas kontrol (0,5887). Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dengan media tangram lebih efektif daripada kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga.
Mathematics is an abstract science that requires concrete objects to be understood. This research aimed to examines the effectiveness of CTL model with tangram to learning outcomes mathematics of 4th grade students at Joko Tingkir cluster Salatiga. The research used quasi experimental with nonequivalent control group design. The population of this research was the 4th grade students at Joko Tingkir cluster Salatiga. The sampling technique used cluster. The data collecting technique used tests and nontes. The hypothesis test analysis used z test, t test, n-gain test. The results of the research are CTL with tangram more effective than control class with the completeness learning experiment class reached 75% while control class was not reached 75%, tcount (3,6657) > ttable (1,67) and n-gain experiment class (0,7046) > control class (0,5887). Conclusions of this research was CTL with tangram more effective than control class on learning outcomes mathematics of 4th grade students at Joko Tingkir cluster Salatiga.