HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS
Fahri Zatul Umami, Isa Ansori
Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil identifikasi masalah di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara, permasalahan yang ditemukan peneliti bahwa kebiasaan dan kemandirian belajar siswa masih kurang optimal serta prestasi belajar IPS masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah menemukan ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling berjumlah 104. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V nilai r hitung > r tabel (0,722 > 0,192) termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 52,1%. (2) terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V, nilai r hitung > r tabel (0,569 > 0,192) termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 32,4%. (3) terdapat hubungan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V, nilai r hitung > r tabel (0,747 > 0,192) termasuk kategori kuat, serta berkontribusi sebesar 55,9%. Simpulan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar
Abstract
Based on the results identification of problems at Gugus Ki Hajar Dewantara Elementary School, it was found that students' independence and learning habit were still not optimal. This has an impact on low social science learning achievement. The purpose of this study was to find out whether there was a positive and significant correlation between learning habit and independence learning with social science learning achievement in the fifth grade students of Gugus Ki Hajar Dewantara Elementary School. This study uses a quantitative method of the type of correlation. The sample technique used was 104 proportional random sampling techniques. Data collection techniques used questionnaires, interviews and documentation. The results of this study are (1) there is a correlation between learning habit with social science learning achievement in fifth grade elementary schoo, the value of r count> r table (0.722> 0.192) including the strong category and contributes 52.1%. (2) there is a correlation between independence learning with social science learning achievement in fifth grade elementary school, the value of r count> r table (0.569> 0.192) is included in the medium category and contributes 32.4%. (3) there is a correlation between learning habit and independence learning with social science learning achievement in fifth grade elementary school, the value of r count> r table (0.747> 0.192) is included in the strong category, and contributes 55.9%. The conclusion of this study shows that there is a positive and significant correlation between learning habit and independence learning with social science learning achievement.
Keywords: Learning Habit; Independence Learning; Learning Achievement Of Social Science