PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENYIMAK DONGENG
Fera Kusumaningrum, Nugraheti Sismulyasih SB
Abstract
Abstrak
Masalah yang ditemukan di SDN 1 Mayahan adalah nilai keterampilan menyimak dongeng siswa kurang; belum terdapat media interaktif; guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan desain pengembangan media interaktif; menguji kelayakan dan; mengetahui keefektifan media interaktif untuk menyimak dongeng. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Waterfall yang tahapannya terdiri atas: analysis, design, implementation, testing, dan maintenance.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir. Hasil uji kelayakan media interaktif berbasis android yaitu dari ahli materi mendapatkan persentase 87,50% dan penilaian ahli media mendapatkan persentase 97,50% Angket tanggapan siswa dan guru yang menyatakan bahwa media interaktif berbasis android berada pada kriteria sangat efektif. Untuk hasil uji keefektifan atau uji coba terbatas diperoleh dari nilai rata-rata keterampilan melisankan menyimak dongeng siswa sebelum (pretest) adalah 51,11 dan sesudah (postest) adalah 81,11. Media interaktif berbasis android untuk menyimak dongeng menggunakan model Group Investigation terbukti efektif dengan t hitung sebesar 9,784 lebih besar dari t tabel yang hanya 2,052 dan Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,63, sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis android efektif meningkatkan keterampilan siswa menyimak dongeng. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya dapat memahami sistem media dan dapat mengembangkan media interaktif yang lebih bervariasi dan mengikuti perkembangan zaman agar siswa mudah memahami materi dan meningkatkan keterampilan berbahasa.
Abstract
The problem found at SDN 1 Mayahan is the lack of students' fairy tale listening skills; there is no interactive media yet; The teacher has not used an interesting learning model. The purpose of this study is to describe the design of interactive media development; test the feasibility and; know the effectiveness of interactive media to listen to fairy tales. This research is a research and development (R&D) using the Waterfall model which consists of stages: analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Data analysis techniques in this study are initial data analysis, product data analysis, and final data analysis. The results of the feasibility test of interactive media based on android, namely from the material experts get a percentage of 87.50% and the assessment of media experts get a percentage of 97.50% Questionnaire responses of students and teachers stating that the android-based interactive media is in the criteria very effective. For the effectiveness test results or limited trials obtained from the average value of the skills of listening to students' fairy tales before (pretest) is 51.11 and after (postest) is 81.11. Android-based interactive media to listen to fairy tales using the Group Investigation model proved effective with a t count of 9.784 greater than t table which is only 2.052 and N-gain calculation results of 0.63, so it can be concluded that an android-based interactive media is effective in increasing students' listening skills fairy tale. The suggestion of this research is that teachers should be able to understand the media system and be able to develop interactive media that are more varied and keep up with the times so that students easily understand the material and improve language skills.