Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita bergambar interaktif untuk meningkatkan kemampuan menemukan isi cerita siswa kelas IV SDN 2 Campurejo. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 26 siswa kelas IV SDN 2 Campurejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 75% dan 90,6%. Hasil uji paired t-test menunjukkan  = 13,790 > = 2,055 atau H0 ditolak sehingga buku cerita bergambar interaktif efektif digunakan. Hasil uji n-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil 0,44 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah buku cerita bergambar interaktif dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menemukan isi cerita.


This research used a quantitative approach and development (R&D) method. The subjects of this study were the fourth grade teacher and 26 fourth grade students of  Campurejo 2 Elementary School. The data collection techniques used interviews, observation, questionnaires, and documentation. The data analysis was done by viability test and media effectiveness test. The results by material expert and media expert got percentage of 75% and 90.6%. The results of the paired t-test showed = 13,790> = 2,055 or H0 was rejected so that interactive picture storybook was effectively used. The results of the n-gain test before and after the treatments was 0.44 in a moderate criteria, so it was effectively used as a learning media. The conclusion of this research was that interactive picture storybook was declared viable and effective to be used in Bahasa Indonesia learning to find the meaning of the story topic.