PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KOLASE UNTUK KELAS III SDN SEKARAN 02
Siti Nadhiroh, Putri Yanuarita Sutikno, Atip Nurharini
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya SBK materi kolase. Selama ini guru hanya menggunakan media berupa gambar, sedangkan siswa juga sulit untuk menyerap materi dan mempraktikannya. Dibuktikan dari 18 siswa kelas III, 10 siswa (55,56%) belum mencapai KKM. Peneliti bermaksud meneliti dan mengembangkan buku panduan yang layak juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan, mengetahui kelayakan dan keefektifitaspenggunaan juga perbedaan hasil belajar kolasepadasiswakelas III SDN Sekaran 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development.Hasil penelitian menunjukkan validasi dariahli media yaitu 60% (cukup layak). Dari ahli materi 85% (sangat layak). Keefektifan ditunjukkan dengan tanggapan siswa 83,47 % (sangat baik), tanggapan guru 85%(sangat baik). Dan ketuntasan belajar klasikal 60,8%. Simpulanpenelitianiniadalah buku panduan kolase yang dikembangkan peneliti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kolase di kelas III SDN Sekaran 02.
The research is motivated by the lack of use of the instructional media specifically SBK on Kolase content. So far the teacher uses picture to be media learning and the students become difficult to increase their idea and imagination. From 18 student, 10 students (55,56%) had not reached the KKM value. Therefore, the researchers intend to research and develop appropriate media guide books who are effective for improving kolase learning outcomes.The research aimed to develop guide book, determine the feasibility of media, the effectiveness of media, and to know the learning outcomes of kolasesubject on kolase in3ð‘Ÿð‘‘grade of primary School stateSekaran 02. The type of this research was Research and Development. The result showed from media experts were 60% (fairly decent). Material experts were 85% (very decent).The percentage of students responses 83,47% (very good), teacher responses 85% (very good). Classical learning completeness results were 60,8%.The conclusion of this research was guide book kolase developed by researchers was feasible and effective to improve kolase learning outcomesin3ð‘Ÿð‘‘ grade of primary School state Sekaran 02.