Pengembangan Media Ular Tangga Berbantuan Flashcard terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV
Tiarawati, Sukardi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis siswa rendah dan tidak adanya media pembelajaran yang bersifat praktik langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media ular tangga berbantuan flashcard pada materi menulis deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 02 dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media ular tangga berbantuan flashcard dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan persentase ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 94% dan 97%, dengan kategori sangat layak. Pada ujicoba pemakaian produk, hasil perhitungan uji t memperoleh thitung>ttabel yaitu 10,23>2,011. Sedangkan hasil perhitungan uji n-gain memperoleh nilai gain sebesar 0,562, dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media ular tangga berbantuan flashcard layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV.
This study was motivated by the low writing learning outcames and the absence of direct practice learning media. This research is a type of research and development. This research aimed to develop, to test feasibility, and to test the effectiveness of snake and ladder media assisted on flashcard on the writes descriptions material. The subject of this research is the four grade students of SDN Mangkang Kulon 02 with a total of 34 students. The data collection techniques use observation, interviews, questionnaires, tests, and documentations. The processed data using lilliefors test, t test, and gain test. The results showed that snake and ladder media assisted on flashcard could be used in learning based on the percentage of media and material experts is 94% and 97% with a very decent category. In the use of product tests shows the results of the calculation of the t test obtained tcount>ttable is 10.23>2.011. While the results of the n-gain test calculation 0.562 with medium criteria. The conclusion of this research is that snake and ladder media assisted on flashcard is feasible to use and is effective in improving the skills of writing indonesian descriptions in four grade.