HUBUNGAN KETERAMPILAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN KEMANDIRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V
Bayu Ariyadi, Sukarjo
Abstract
Siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan mempunyai sikap kemandirian belajar yang baik maka semakin tinggi prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SDN Gugus Diponegoro Ngaliyan ditemukan masalah bahwa kurang efektifnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan rendahnya kemandirian siswa dalam belajar sehingga menyebabkan hasil belajar IPS yang didapatkan kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan ekstrakurikuler pramuka dan sikap kemandirian dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Ngaliyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) hasil r hitung > r tabel (0,719 > 0, 181) termasuk kategori kuat; 2) hasil koefisien determinasi diperoleh kontribusi aktivitas belajar dan disiplin dengan hasil belajar IPS siswa sebesar 51,8%, sedangkan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan ekstrakurikuler pramuka dan sikap kemandirian dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Students who have scout skills and good independent attitude in learning than will be high learning achievement of social studies. Based on research at Elementary School at Gugus Diponegoro Ngaliyan found the problem that scout activities are less effective and low self direction attitude in learning social so that the students achievement of social studies are not optimal. The purpose of this research is to test the positive and significant relationship between students scout skills and good self direction attitude with the achievement of social studies 5th grade Elementary School at Gugus Diponegoro Ngaliyan. The type of research is correlation research using quantitative approach. From the research results obtained: 1) r count > r table (0,719 > 0, 181) including strong category; 2) the result coefficient of determination found that the contribution of learning motivation and learning discipline to student learning outcomes is 51,8% and the remaining 48,2% was contributed by other factors. So it can be concluded that there was a positive and significant relationship between students scout skills and good self direction attitude with the achievement of social studies 5th grade Elementary School at Gugus Diponegoro Ngaliyan.