PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA KELAS V
Rini Wulandari, Dr. Deni Setiawan,S.Sn.,M.Hum, Nursiwi Nugraheni,S.Si.,M.Pd.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan monopoli, mengkaji kelayakan dan keefektifan media monopoli muatan pembelajaran IPS materi interaksi manusia terhadap lingkungan kelas V SDN 1 Todanan. Responden dalam pengembangan ini terdiri atas dosen ahli materi, dosen ahli media, guru kelas V sekolah dasar, dan siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian media monopoli interaksi manusia terhadap lingkungan kepada para ahli memperoleh nilai 97,5% untuk ahli materi dan 100% untuk ahli media. Untuk hasil uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sedangkan pada post-test nilai rata-rata meningkat menjadi 82,65. Pada perhitungan dengan uji n-gain juga terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 0,566176. Simpulan dari penelitian ini adalah media monopoli efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi interaksi manusia terhadap lingkungan.
This study aims to produce monopoly, assessed the viability and the effectiveness of monopoly in social studies of humen interaction with the environment materials for 5th grade at Todanan 1 Elementary School. Respondents in this development consist of material expert lecturers, media expert lecturers, 5th grade elementary school teachers, and 5th grade students. The research method used is Research and Development (R&D). Data collection techniques used were interviews, questionnaires, and documentation. The results of the monopoly interaction of human interaction with the environment to the experts obtained a value of 97.5% for material experts and 100% for media experts. For the results of the small group trials, the mean score was obtained while in the post-test the mean score increased to 82.65. In the calculation with the n-gain test there is also an increase in the average value of 0.566176. The conclusion of this research is an effective and feasible monopoly media to be used in social studies learning for human interaction with the environment materials.