PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF DUBI (DUNIA BINATANG) PADA MUATAN SBDP
Akharul Amina, Deasylina da Ary
Abstract
Abstrak
Dalam pembelajaran SBdP, guru kelas I SD Negeri Pundungan diketahui belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, sehingga diperlukan pengembangan media dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran berupa pemainan edukatif pada materi gerak anggota tubuh menirukan hewan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan edukatif Dubi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Hasil uji kelayakan dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapat presentase sebesar 94,37% dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media permainan edukatif Dubi yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran SBdP materi gerak anggota tubuh menirukan hewan untuk kelas I Sekolah Dasar.
In SBdP learning, grade I teachers at SD Negeri Pundungan are known not to use innovative learning media, so that media development is needed in learning. The purpose of this study was to develop and find out the results feasibility of learning media of educational game on motion material of limbs mimicking animals. This research was developmental research (R&D) adapted from Sugiyono's development model. Research data were obtained through observation, interview, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques used precentage desriptive test. The results showed that the educational game media were developed according to the needs of teacher and students.The results of the viability test by content expert obtained of 92,5% with very feasible criteria and media experts obtained a percentage of 94,37% with very feasible criteria. The conclusion of this study is, the educational game media that was developed are suitable for use in learning SBdP on motion material of lims mimicking animals for 1st grade elementary school.