Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan positif antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan sampel sejumlah 95 siswa. Variabel penelitian meliputi minat baca sebagai variabel bebas dan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik, uji normalitas, korelasi product moment, uji signifikansi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia, nilai rhitung = 0,578 dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 33%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kabupaten Grobogan.


The purpose of this study was to examine the positive relationship between reading interest and Indonesian language learning outcomes of 5th grade elementary school of cluster Dewi Sartika, Grobogan. This study uses quantitative methods with a correlation research design. The population in this study amounted to 154 students. The sampling technique was simple random sampling, with a sample of 95 students. The research variables included reading interest as the independent variable and Indonesian learning outcomes as the dependent variable. Data collection techniques are questionnaires and documentation. Data analysis used statistical analysis, normality test, product moment correlation, significance test, and coefficient of determination. The results showed that there was a positive and significant relationship between reading interest and Indonesian language learning outcomes, the value of rcount = 0.578 and it was in the medium category and contributed 33%. The conclusion of this study is that there is a significant positive relationship between reading interest and Indonesian language learning outcomes of 5th grade elementary school of cluster Dewi Sartika, Grobogan.