PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI TARI KREASI DAERAH
Wahyu Tri Lestari, Atip Nurharini, S.Pd., M.Pd
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis lectora inspire yang layak dalam pembelajaran SBdP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (penelitian dan pengembangan) adaptasi dari Sugiyono, dengan langkah meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan revisi produk. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket,dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Sukorejo berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis lectora inspire dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase komponen kelayakan isi materi oleh ahli materi 1 dan 2 yaitu 76,25% dan 75% dengan kriteria layak dan komponen penyajian media oleh ahli media 1 dan ahli media 2 yaitu 92,18% dan 96,87% dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis lectora inspire pada muatan SBdP layak digunakan dalam pembelajaran SBdP pada materi tari kreasi daerah.
The purpose of this study is to develop appropriate lectora inspire-based learning media in SBdP learning. This research is a type of research and development (research and development) adaptation of Sugiyono, with steps including: potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, and product revision. The data collection technique used is non-test techniques including observation, interviews, questionnaires, and documentation. The subjects of this study were 24 students of grade IV SDN 4 Sukorejo. The results showed that the lectora inspire-based learning media was declared feasible by material experts and media experts with the percentage of material content feasibility components by material experts 1 and 2, namely 76.25% and 75% with appropriate criteria and media presentation components by media experts 1 and experts. Media 2, namely 92.18% and 96.87% with very feasible criteria. The conclusion of this research is that learning media based on lectora inspire on SBdP content is suitable for use in SBdP learning on regional creation dance material.