Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar keterampilan menulis laporan pengamatan pada subtema kebiasaan makanku melalui model PBL dengan media audio-visual kelas IVA SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian guru dan 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik nontes berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik tes dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif sedangkan teknik nontes dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 termasuk kategori baik dan pada siklus II memperoleh skor 32 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 25,8 termasuk kategori baik, dan pada siklus II memperoleh rata-rata skor 31,05 termasuk kategori sangat baik. Keterampilan menulis laporan pengamatan pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebanyak 72,5% dan pada siklus II sebanyak 87,5%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model PBL dengan media audio-visual dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan subtema kebiasaan makanku dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar keterampilan menulis.

The purpose of this study is to improve the teacher’s skill, the student’s activity, and the learning result on observation report writing skill on subtheme “My Eating Habit†through PBL model by using audio-visual media for the IVA graders of SD Hj. Isriati Baiturrahman Semarang. This study used action research method which consisted of two cycles with four stages, namely: planning, implementing, observation, and reflection. The subjects were the teacher and 40 students. The collecting data used test (student’s learning results) and non-test (observation, documentation, field notes, interview) technique. The data from testing were analyzed quantitatively by using descriptive analysis. Whereas, the data from non-test were analyzed qualitatively by using descriptive analysis. The result showed the teacher’s skill in the cycle I gained score 26 (good level) and 32 in the cycle II (very good level). The average score of student’s activity in the cycle I was 25,8 (good category) and 31,5 in the cycle II (very good category). Then, the classical completeness was 72,5% in the cycle I and 87,5% in the cycle II. Therefore, it can be concluded that PBL model by using audio-visual media on observation report writing skill on subtheme “My Eating Habit†can improve the teacher’s skill, the student’s activity, and the learning result on writing skill