Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru , aktivitas siswa, dan meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang melalui metode SAS dengan papan selip media. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 33,5 dalam kategori baik dan pada siklus II keterampilan guru meningkat menjadi 38 dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 18,9 dalam kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 23,15 dalam kategori baik . (3) persentase kelengkapan untuk keterampilan menulis siswa pada siklus I adalah 70,3 % dan pada siklus II meningkat menjadi 87,3 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode SAS dengan media papan selip yang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa kelas I SDN 05 Ngaliyan Semarang.

This study aims to describe the skills of teachers, student activities, and improve students' writing skills class I SDN Ngaliyan 05 Semarang through SAS method with media skid board. The design of this study was a class act with the stages of research planning, implementation, observation, and reflection. Research subjects are teachers and students in grade 05 I SDN Ngaliyan Semarang. Techniques of data collection using the tests, observation, field notes, documentation, and interviews. The results showed that: (1) teachers' skills on the cycle I get a good score of 33.5 in category II and the cycle of the teacher's skill increased to 38 with very good category. (2) Activities of students in the cycle I get a good score of 18.9 by category and in the second cycle increased to 23.15 in either category. (3) The percentage of completeness to the writing skill of students in the cycle I is 70.3% and in the second cycle increased to 87.3%. The conclusions of this study is the application of the SAS method with media skid boards can improve the skills of teachers, student activities and writing skills of first grade students of SDN 05 Ngaliyan Semarang.