Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas empat di SDN 3 Pakintelan melalui Quantum Teaching Model. Tahapan penelitian tindakan kelas adalah perencanaan , pelaksanaan Quantum Teaching, observasi dan refleksi . Pengamatan terdiri dari 2 siklus , masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan . Pengamatan dilakukan di SDN Pakintelan 03 Semarang , dengan 30 siswa sebagai peserta . Teknik Pengumpulan data adalah observasi , dokumentasi , tes, dan catatan lapangan . Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi : ( 1 ) skor keterampilan guru pada siklus pertama adalah 25 , dengan kriteria baik . Skor pada siklus II adalah 33 , dengan kriteria sangat baik. ( 2 ) skor aktivitas siswa dalam siklus pertama adalah 15,15 , dengan kriteria baik . Skor pada siklus kedua adalah 19,9 , dengan kriteria sangat baik. ( 3 ) Dalam siklus pertama , siswa yang tuntas belajar adalah 63,35 % dari jumlah siswa. Pada siklus II adalah 81,7 % dari jumlah siswa. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran Quantum dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa , dan hasil belajar siswa kelas empat di SDN 03 Pakintelan Gunungpati Semarang .

The aim of the observation is improving the quality of science teaching in fourth-grade students at SDN Pakintelan 3 through Quantum Teaching Model. The stages of the class act observation are planning, Quantum Teaching implementation, observation and reflection. The observation consist of 2 cycles, each cycles consist of 2 meeting. The observation was conducted at SDN Pakintelan 03 Semarang, with 30 students as participant. The data collecting techniques are by observation, documentation, testing, and field notes. While the techniques of data analysis using quantitative and qualitative data. The observation result : (1) The score of teacher’s skill in first cycle is 25, good level. The score in second cycle are 33, very good level. (2) The score od Student activity in first cycle is 15.15, good level. The score in second cycle is 19.9, very good level. (3) In first cycle, The students that passed the passing grade are 63.35% of total participant. In second cycle are 81.7% of total participant. The conclusion is that Quantum teaching model in learning science can improve the the teacher’s skill, students activities, and outcome of fourth-grade students at SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang.