Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 05 Ngaliyan Semarang, meliputi: keterampilan guru , aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi , dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru kelas empat dan siswa kelas IV SDN 05 Ngaliyan Semarang.Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : ( 1 ) siklus keterampilan guru mendapatkan skor 24 dengan kategori baik, menjadi 29 pada siklus kedua dengan kategori baik , dan siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. ( 2 ) Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2.87 kedua kategori , siklus II memperoleh skor rata-rata 3.16 kedua kategori dan siklus III memperoleh skor rata-rata 3,67 dengan kategori sangat baik . ( 3 ) persentase siklus I ketuntasan klasikal 68,36 % , meningkat menjadi 86.21 % pada siklus II , dan meningkat pada siklus III menjadi 96,55 % dengan indikator keberhasilan 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS

The purpose of this study is to improve the quality of teaching social studies in fourth grade students of SDN 05 Ngaliyan Semarang, include: the skills of teachers, student activities and student learning outcomes. The action research was conducted three cycles. Each cycle consists of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. Subjects fourth grade teacher and students in fourth grade students of SDN 05 Ngaliyan Semarang. Teknik pegumpulan data using the test, and nontes. Data analysis using descriptive analysis of quantitative and qualitative descriptive analysis. The results showed: (1) teachers' skills cycle I gained 24 categories of good scores, scored 29 second cycle either category, and the cycle III gained a very good score of 34 categories. (2) Activities of students in the cycle I get an average score of 2.87 both categories, the second cycle obtained an average score of 3.16 both categories and cycle III obtained an average score of 3.67 is very good category. (3) percentage classical completeness cycle I 68.36%, rising to 86.21% the second cycle, and increased cycle III to 96.55%, the percentage of completeness of 85%. The conclusion of this study is through a model of learning two stay two stray can improve the quality of teaching social studies.