Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn melalui model Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Wonosari 03 Semarang. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,8 dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,4 dengan kualifikasi sangat baik dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 3,7 dengan kualifikasi sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 2,35 dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 2,7 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 3,3 dengan kualifikasi sangat baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I 71,42% dengan nilai rata-rata, siklus II meningkat menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata 75,71 dan siklus III meningkat lagi menjadi 85,17% dengan nilai rata-rata 81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

The purpose of this research is to improve the skills of teachers , student activities , and learning outcomes in a model of learning civics through role playing . This research is a classroom action research through the application of learning models Role Playing with three cycles . Subjects were teachers and students of SDN VB class Wonosari 03 Semarang . Technique data collection using observation , field notes , tests and documentation . Analysis using quantitative and qualitative data analysis . The results showed : ( 1 ) the skills of teachers in the cycle I got an average score of 2.8 with good qualifications , on the second cycle increased to 3.4 with excellent qualifications and the third cycle increased to 3.7 with excellent qualifications . ( 2 ) Activity Cycle I students scored an average of 2.35 with good qualifications , on the second cycle increased to 2.7 with good qualifications and rose again on the third cycle to 3.3 with excellent qualifications . ( 3 ) Complete the classical student learning outcomes in the first cycle of 71.42 % with a mean value , the second cycle increased to 77.14 % with an average value of 75.71 and third cycle increased to 85.17 % with a mean value The average 81 . The conclusion of this research is through the application of Role Playing learning model can improve the skills of teachers , student activities , and student learning outcomes in learning civics.