Abstract

Covid-19 merupakan salah satu virus berbahaya yang pertama kali ditemukan di wuhan yang telah menyebar ke berbagai Negara. Sehingga Negara-negara menerapkan kebijakan Lockdown atau membatasi adanya interaksi sosial. Di era pandemi seperti saat ini beberapa sektor tidak berjalan sebagaimana mestinya, salah satunya  sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia terpaksa memberikan kebijakan agar kegiatan belajar-mengajar tetap berlangsung di masa pandemi dengan penerapan Pembelajaran Jarak Jauh yang mengandalkna platform zoom, google meet, whatsapp group dll sebagai media belajar. Dalam proses Pembelajaran jarak jauh sendiri memiliki hambatan yang kompleks dimana hal tersebut secara langsung akan mempengaruhi minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dimana data sekunder seperti jurnal, buku dan beberapa literasi lainnya digunakan untuk membangun konsep bahasan yang di proses melalui tahap Editing, Organizing dan finding. Penelitian ini menemukan temuan data yakni penguasaan teknologi pendidik yang masih minim, bahan ajar yang kurang menarik, Penguasaan teknologi guru di media belajar juga minim, sehingga keinginan belajar siswa terhadap mata pelajaran sendiri menurun. Ruang guru sebagai salah satu teknologi berbasis pendidikan, membuat inovasi dalam meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan yang secara langsung membuat keinginan belajar siswa akan meningkat, melalui fitur yang ada di ruang guru, hambatan pembelajaran jarak jauh dapat diminimalisir. Maka dari itu, melalaui fitur yang ada di ruang guru siswa dapat meningkatkan keinginan belajarnya sehingga minat belajar siswa selama pandemi  covid-19 akan tetap stabil.


Covid-19 is one of the first dangerous viruses found in Wuhan that has spread to various countries. So that countries implement lockdown policies or limit social interaction. In the current pandemic era some sectors are not running as they should, one of which is the education sector. The Indonesian government was forced to provide a policy so that teaching and learning activities continued in the pandemic period with the implementation of Distance Learning which relied on zoom platforms, google meet, whatsapp group etc. as a learning medium. In the process of distance learning itself has complex obstacles where it will directly affect the interests of learning students. This research method uses literature studies where secondary data such as journals, books and several other literacys are used to build the concept of language that is processed through the editing, organizing and finding stages. Educator technology is still minimal, teaching materials are less attractive, mastery of teacher technology in learning media is also minimal, so that students' learning desire for their own subjects decreases. The teacher's room as one of the education-based technologies, making innovations in improving fun learning that directly makes students' learning desires will increase, through the features that exist in the teacher's room, distance learning barriers can be minimized. Therefore, through the features in the student teacher room can increase their learning desire so that students' learning interest during the covid-19 pandemic will remain stable.