Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Terampil Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Terampil Kabupaten Magelang yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis data awal dan analisis data akhir. Analisis data awal dilakukan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Analisis data akhir meliputi uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS. Dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,830 > 0,176 pada taraf signifikansi sebesar 5% dengan sumbangan yang diberikan sebesar 69%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang kuat antara variabel kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar  IPS kelas IV SDN Gugus Terampil Kabupaten Magelang.


This study aims to examine the positive and significant relationship between emotional intelligence and learning discipline on study social sciences outcomes for class IV SDN Gugus Terampil, Magelang Regency. This study uses quantitative research with the type of correlation research. The population in this study was the fourth grade students of SDN Gugus Terampil, Magelang Regency, totaling 180 students. The sampling technique used proportional random sampling. Data collection techniques using interviews, questionnaires, and documentation. The instrument test was carried out using the validity test, reliability test. The data analysis technique was carried out using descriptive statistical analysis, initial data analysis and final data analysis. Initial data analysis was performed using normality test, linearity test, and multicollinearity test. The final data analysis includes simple correlation test, multiple correlation test, F test, and coefficient of determination test. The results showed that there was a positive and significant relationship between emotional intelligence and learning discipline on social studies learning outcomes. With a value of rcount > rtable, that is 0.830 > 0.176 at a significance level of 5% with a contribution of 69%. The conclusion of this study is that there is a strong relationship between emotional intelligence and learning discipline variables on social studies learning outcomes for class IV SDN Gugus Terampil, Magelang Regency.