Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan buku teks berbasis cerita daerah terhadap isi pelajaran matematika siswa kelas 1 SDN 1 Bebengan Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang diadaptasi oleh Tegeh. Buku ajar berbasis local stories adalah buku pendamping siswa dalam belajar materi konsep bilangan matematika yang disampaikan melalui sebuah cerita lokal dan gambar.Subjek penelitian adalah 39 siswa kelas 1 SD Negeri 1 Bebengan Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan data dokumen. Teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas dan analisis data akhir menggunakan uji T dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar cerita lokal berbasis muatan pelajaran matematika berhasil dikembangkan, layak digunakan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase yang diperoleh ahli media, ahli bahasa dan materi adalah 95,9% (sangat layak), 82,1% (layak) dan 85,4% (layak). Hasil belajar kognitif siswa pada nilai pretest dan posttest dengan uji beda rata-rata diperoleh thitung (4,678) ttabel (2,024) maka Ha diterima. Hasil rata-rata peningkatan (n-gain) menunjukkan hasil sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa buku teks berbasis cerita lokal pada muatan pelajaran matematika telah berhasil dikembangkan, cocok digunakan dalam muatan pembelajaran IPS untuk pelajaran matematika di kelas satu sekolah dasar, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


This study aimed to develop, test the feasibility, and test the effectiveness of local stories-based textbooks on the content of mathematics lessons for class 1  SDN 1 Bebengan Kendal. The type the research used was the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model which was  adapted by Tegeh. Local stories based textbooks are books that support students in learning mathematical number concept material delivered through a local story and pictures. The research subjects were 39 of one grade students of SD Negeri 1 Bebengan Kendal. Data collection techniques used interviews, questionnaires, tests,  and document data. The initial data analysis technique used the normality test and the final  data analysis used the T test and N-gain. The results showed that local stories-based textbooks on the content of mathematics lessons were successfully developed, feasible to use, and effective for improving student learning outcomes. The percentages obtained by media experts,language and material experts were 95,9%  (very feasible),82,1% (feasible) and 85,4% (feasible). Students' cognitive learning outcomes on the pretest and posttest scores with the average difference test obtained  tcount (4,678) ≥  table (2,024) then Ha is accepted. The results of the average increase (n-gain) showed a result of 0,43 with moderate criteria. The conclusion of the research shows that local stories-based textbooks on the content of mathematics lessons have been successfully developed, suitable for use in social studies learning content for mathematics lessons in one grade elementary schools, and are effective in improving student learning outcomes.