PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE THINK TALK WRITE BERBANTUAN VIDEO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis laporan melalui metode think talk write berbantuan video pada siswa kelas V SDN Girirejo 01 Magelang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Girirejo 01 Magelang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 39 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 25,08 dengan kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata skor 28,12 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 31,04 dengan kategori sangat baik; (3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 48%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76%, dan mengalami peningkatan di siklus III menjadi 92%. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui metode think talk write berbantuan video dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan.
The purpose of the research was to increase the observation report writing skills through think talk write methods using video for V students in SDN Girirejo 01 Magelang. The research was designed using classroom action research in three cycles. Each cycles consisted of one session. Stages of the research included planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were teacher and V students in SDN Girirejo 01 Magelang. Type of data were quantitative and qualitative. The data collection techniques were test and non test. Data analysis used descriptive analysis. The result showed that: (1) Teacher skills in the first cycle obtained a score of 22 with good category. The second cycle scored 29 with good category. The third cycle scored 39 with very good category. (2) Students activity in the first cycle got an average score of 25.08 with good category. The second cycle obtained an average score of 28.12 with good category. The third cycle obtained an average score of 31.04 with very good category. (3) Classical completeness of students learning outcome in the first cycle was 48%. It increased in the second cycle to 76%. It increased in the third cycle to 92%. The conclusion of the research was think talk write methods using video increased observation report writing skills.