PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE MIND MAPPING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode mind mapping dengan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas melalui metode mind mapping dengan media audiovisual terdiri atas tiga siklus, setiap siklus terdapat satu pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru meningkat setiap siklus, pada siklus I memperoleh skor 19 berkriteria baik, siklus II memperoleh skor 27 berkriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 33 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa meningkat setiap siklus, siklus I memperoleh skor 15,8 dengan kategori cukup baik. siklus II memperoleh skor 22 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 27,3 berkriteria sangat baik, (3) keterampilan menulis puisi siswa meningkat tiap siklus, dengan ketuntasan klasikal siklus I 64%, siklus II 72%, siklus III 92%. Simpulan: melalui metode mind mapping dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang.
The purpose of study is improving writting poetry skill through mind mapping with audiovisual methods to V grade students of SDN Sekaran 02 Semarang. Research design is classroom action research using mind mapping methods with audiovisual. It consisted of three cycles: one instructional for each cycle with four stages: planning, running, observing, and reflecting. Subjects of study is V students and the teacher of SDN Sekaran 02 Semarang. Procedures in collecting data using test and non-test. Qualitative and quantitative descriptive analysis were used to analyze the data. The research findings showed: (1) the creativity of teacher improved in every cycle. In cycle I, the score was 19 with good criteria. In cycle II, the score was 27 with good criteria. In cycle III , the score was 33 with very good criteria. (2) students activity showed improvement in every cycle. In cycle I, the score was 15,8 with enough criteria. In cycle II the score was 22 with good criteria. In cycle III the score was 27,3 with very good criteria, (3) students learning results showed improvement in every cycle with classical comprehension in cycle I 64%, cycle II 72%, and cycle III 92%. Conclusion this reasearch is mind mapping with audiovisual methods can improve writting poetry skills to V students of SDN Sekaran 02 Semarang.