PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA (keterampilan guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar siswa) pada kelas IVC SD Islam Hidayatullah Semarang melalui penerapan
model Problem Based Learning dengan media PowerPoint. Rancangan penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga si-klus, tiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa ke-las IVC. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan nontes berupa pengamatan, catatan lapangan, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan
guru siklus I memperoleh skor 24 (baik), siklus II skor meningkat menjadi 28 (sangat baik), dan pada
siklus III skor mencapai 30 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 18,2
(baik), siklus II memperoleh skor rata-rata 22,9 (baik), dan siklus III skor rata-rata mencapai 27
(sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 60%, siklus II meningkat menjadi 69%,
dan siklus III mencapai 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disim-pulkan model Problem Based
Learning dengan media PowerPoint dapat meningkatkan kua-litas pembelajaran IPA (keterampilan
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa) pada kelas IVC SD Islam Hidayatullah Semarang..
The purpose of this research is to improve the quality of science instructions (teacher skills, student activities, and
student learning outcomes) in the IVC class Hidayatullah Islamic elementary Semarang through the application
of Problem Based Learning model with PowerPoint media. The design of this study is action research conducted
in three cycles, each cycle consisting of a meeting. The subjects were teachers and students in IVC class. Data
collection techniques using techniques such as test and nontes observation, field notes, questionnaires, and
documentation. Data analysis techniques in this study is quantitative skills and research shows teachers
kualitatif. Cycle I result of teacher skills gained a score of 24 (good), cycle II score increased to 28 (very good),
and the third cycle reaches a score of 30 (very good). Activity students cycle I scored an average of 18.2 (good),
cycle II gained an average score of 22.9 (good), and the third cycle reaches an average score of 27 (very good).
Completeness student learning outcomes by 60% the first cycle, second cycle increased to 69%, and the third cycle
reaches 80%. From these results it can be concluded Problem Based leraning model with powerpoint media can
improve the quality of science instructions (teacher skills, student activities, and student learning outcomes) in
the IVC class Hidayatullah Islamic elementary Semarang.