PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian: meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model mind mapping
berbantuan video pembelajaran pada siswa kelas VA SDN Karangayu 02. Jenis
Penelitian: penelitian tindakan kelas melalui penerapan model mind mapping berbantuan
video pembelajaran terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan.
Setiap siklusnya meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subyek penelitian: guru dan siswa kelas VA SDN Karangayu 02. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
Keterampilan guru meningkat setiap siklus dari skor 27 dengan kategori baik, menjadi 28
dengan kategori baik, menjadi 30 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa
meningkat setiap siklus dari skor rata-rata 19,32 dengan kategori cukup, menjadi 23,36
dengan kategori baik, menjadi 23,63 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa
meningkat setiap siklus dari skor rata-rata 55,47 dengan persentase ketuntasan 61,77%,
menjadi 70,64 dengan persentase ketuntasan 73,53% menjadi 77,1 dengan persentase
ketuntasan 82,36%. Simpulan: melalui model mind mapping berbantuan video
pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN
Karangayu 02 Kota Semarang.
The objective of the study was to increasesocial science learning quality by mind mapping model using video learning for students
of class VA SDN Karangayu 02. The study was classroom action research. It consisted of three cycles.Every cycle consisted one
of meeting. Every cycle had four stages. They were planning, implementation, observation, and reflection. The subject were
teacher and students of class VA SDN Karangayu 02. The techniques of data collection used test and non test. The resultswere:
(1) The teacher skills increased in cycle I, scored 27 with good category. In cycle II scored 28 with good category. In cycle III
scored 30 with good category. (2) The students activities increasedin cycle I, scored 19.32 with enough category. In cycle II scored
23.36 with good category.In cycle III scored 23.63 with very well category. (3) The students learning result increased in cycle I to
55.47 with completeness percentage of 61.77%. In cycle II scored 55.47 with completeness percentage of 70.64%.In cycle III 77.1
with completeness percentage of 82.36%. Based on the data analysis, it was concluded that mind mapping model using video
learning increased learning quality of social science on students of class VA SDN Karangayu 02.