Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas
IVC SDN Karangayu 02 Semarang melalui model Quantum Teaching berbantuan CD
Interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus.
Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SDN Karangayu 02 Semarang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat setiap siklusnya dari skor
rata-rata 27,5 (kategori baik) menjadi 33 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa
meningkat setiap siklusnya, dari skor rata-rata 10,9 (kategori baik) menjadi 13,7
(kategori sangat baik). Iklim pembelajaran meningkat setiap siklusnya, dari skor ratarata
15,5 (kategori baik) menjadi 18 (kategori sangat baik). Materi pembelajaran
meningkat setiap siklusnya, dari skor rata-rata 12 (kategori baik) menjadi 15 (kategori
sangat baik). Media pembelajaran meningkat setiap siklusnya, dari skor rata-rata 12,5
(kategori baik) menjadi 15 (kategori sangat baik). Hasil belajar siswa meningkat setiap
siklusnya, yaitu dari perolehan nilai rata-rata 64,68 dengan ketuntasan klasikal 72,22%
menjadi 75,85 dengan ketuntasan klasikal 86,11%. Simpulan penelitian ini yaitu model
Quantum Teaching berbantuan CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
di kelas IVC SDN Karangayu 02 Semarang.

The purpose of the research was to improve the quality of learning mathematics in grade IVC SDN Karangayu 02 Semarang
through Quantum Teaching models using Interactive CD. The study was an action research consisted of two cycles. The
subjects of the study were teacher and students. Data collection techniques used were engineering tests and nontest. The results
showed increasing teacher skills in each cycle from an average score of 27.5 (good category) to 33 (very good category). Students
activity increased in each cycle from an average score of 10.9 (good category) to 13.7 (very good category). Learning
achievement increased in each cycle from an average score of 15.5 (good category) to 18 (very good category). The used of
learning materials increased in each cycle. The average score was 12 (good category) to 15 (very good category). Learning
media increased in each cycle from an average score of 12.5 (good category) to 15 (very good category). Students learning
outcomes increased in each cycle from the average value of 64.68 to 72.22 of 75.85% to 86.11% on classical completeness.
Conclusion of the study was Quantum Teaching model using interactive CD improved the quality of learning in grade IVC
SDN Karangayu 02 Semarang.