PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL COURSE REVIEW HOREY MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Course
Review Horey dengan media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Karanganyar 02
Semarang. penelitian tindakan kelas melalui model Course Review Horey dengan media
Audio Visual terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Tahapan
setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek
penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 29 dengan kategori baik, siklus II
memperoleh skor 31 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan
kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 23,7 kategori baik,
pada siklus II memperoleh skor 25,11 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor
27,55 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 67,5% ,
meningkat pada siklus II menjadi 72,5%, dan meningkat pada siklus III menjadi 82,5%.
Simpulan dalam penelitian ini adalah model Course Review Horey dengan media Audio
Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas V SDN Karanganyar 02
Semarang.
Abstract
___________________________________________________________________
The purpose of the research was to increase the quality of civics learning with Course Review Horey model using audio visual
in class V SDN Karanganyar 02, Semarang. It was classroom action research consisted of three cycles. Each cycle included
planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were teacher and students in class V SDN Karanganyar 02
Semarang. Data collection techniques used test and non test. Data analysis used quantitative and qualitative descriptive analysis.
The results showed: (1)Skills of teacher in the first cycle scored 29 with good criteria. Cycle II scored 31 with good criteria. Cycle
III scored 34 with very good criteria. (2)Students activities in cycle I scored 23.7 with good criteria. Cycle II scored 25.11 with
good criteria. Cycle III scored 27.55 with very good criteria. (3)Classical completeness was 67.5% in the first cycle. It increase in
cycle II to 72.5 %. It increased in the third cycle to 82.5%. The conclusion of the research was Course Review Horey model using
audio visual improved the quality of civics study to class V SDN Karanganyar 02, Semarang.