PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TPS DENGAN MEDIA VIDEO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan guru dalam menerapkan model TPS dengan Media video, aktivitas siswa, hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dibagi menjadi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Tambakaji 05. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Hasil pada siklus I, II, dan III menunjukkan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Ketrampilan guru meningkat dari siklus I sebesar 23, menjadi 28 siklus II , kemudian menjadi 31 pada siklus III. Rata-rata skor aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I 13,4, menjadi 17,1 pada siklus kedua dan 17,9 untuk siklus III . Persentase hasil belajar siswa juga meningkat, dari data awal 37,5 % , menjadi 66,67 % pada siklus I , siklus II 79,2 % , dan siklus III menjadi 91, 67 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model TPS ( Think Pair Share ) dengan media video untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VA SD Tambakaji 05 Semarang.
This study aims to find an increase in skills classroom teachers in implementing the TPS models (think pair share) with video media, student activities, the results of student learning. The action research was conducted in three cycles. Each cycle is divided into four stages, namely planning, action, observation and reflection. Research subjects are teachers and students in grade 05 Tambakaji Elementary School VA. Techniques of data analysis technique used is descriptive quantitative and qualitative analysis. Data collection techniques used, namely test and nontes. The results in cycle I, II and III showed an increase in the skills of teachers, student activities and learning outcomes. Improving the skills of teachers, the I cycle by 23, by 28 cycles II, III for 31 cycles. Average score of the student activity also increased in cycle I of 13.4, the second cycle of 17.1 and 17.9 for cycle III. Percentage of student learning outcomes also increased, from initial data of 37.5%, amounting to 66.67% I cycle, the cycle of 79.2% II, III for 91 cycles, 67%. It can be concluded that the model of TPS (think pair share) with the video media to enhance the skills of teachers, student activities and student learning outcomes VA elementary school classroom Tambakaji 05 Semarang