EFEKTIFITAS MEDIA E-STORY BOOK MATERI PEMBIASAAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kebiasan hidup bersih dan sehat anak usia pra sekolah di Kabupaten Rembang, hal tersebut terlihat dengan banyaknya anak yang tidak gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, anak terbiasa membuang sampah di sembarang tempat, kebiasaan anak yang makan junkfood. Tujuan penelitian ini 1) Menganalisis perencanaan Pengembangan Media E-Story Book Materi Perilaku Bersih dan Sehat Dalam Pembelajaran Kolaboratif. 2) Menghasilkan desain Pengembangan Media E-Story Book Materi Perilaku Bersih dan Sehat Dalam Pembelajaran Kolaboratif. 3) Menganalisis keefektifan Pengembangan Media E-Story Book MateriĀ Perilaku Bersih dan Sehat Dalam Pembelajaran Kolaboratif di TK Negeri Pembina Pamotan Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan varian exploratory. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan dengan metode Research and DevelopmentĀ (R&D) Populasi adalah anak didik TK Negeri di Kabupaten Rembang. Sesuai dengan teknik purposive sampling, sampel diambil diambil dari siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Pamotan dan TK Negeri Kecamatan Pancur. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t.. Hasil penelitian bahwa Media E-Story Book efektif dapat digunakan dalam pembelajaran kolaboratif di TK Negeri Se- Kabupaten Rembang, hal ini berdasarkan hasil paired samples statistic diketahui bahwa pembiasaan perilaku bersih dan sehat pada kelas eksperimen mendapat nilai postest 81,7 dan kelas kontrolĀ nilai postest 60,6. Sehingga dapat dikatakan bahwa anak yang diberi pembelajaran menggunakan pengembangan media e-story book memiliki pembiasaan perilaku bersih dan sehat yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media e-story book.