Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan bahasa anak TK belum sesuai target yang diharapkan. Ketrampilan anak kurang berkembang karena pembelajaran kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan media pembelajaran rolling smart berbasis permainan kartu huruf pada kemampuan minat baca anak  TK Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan varian eksploratif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan dengan metode Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah TK Negeri  Kabupaten Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan uji validasi kepada ahli, uji inferensial statistik dan uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media rolling smart berbasis permainan kartu huruf dapat digunakan dalam pembelajaran  kemampuan minat baca anak TK Negeri  Rembang, hal ini berdasarkan hasil statistik sampel berpasangan diketahui bahwa kemampuan bahasa pada siswa konsep waktu pada kelas eksperimen memperoleh nilai posttest 82 dan kelas kontrol memperoleh nilai posttest 61. Sehingga dapat dikatakan bahwa anak yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media pengembangan media rolling smart memiliki kemampuan bahasa yang lebih tinggi. baik dibandingkan dengan anak yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan media rolling smart.