Abstract

Pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mengkaji kehidupan manusia pada lingkungan sekitarnya. Latar belakang penelitian ini adalah mengenai media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran di SDN Kalisidi 01. Oleh karena iu, peneliti mengembangkan media pembelajaran pembelajaran berbasis prezi. Penelitian ini menguji kelayakan media dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis prezi. Penelitian dilakukan pada 1 februari s.d Juni 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t-test dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi layak digunakan dengan presentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 100% dan presentase dari ahli materi adalah 91,33%. Hasil uji t menunjukkan hasil t hitung sebesar 12,172 dan t tabel sebesar 1,675 maka perbandingan yang didapat adalah 12,172 > 1,675 sehingga keterangan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis prezi 80,615 sedangkan nilai gain 0,615 kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis prezi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPS Kelas IV SDN Kalisidi 01 materi keragaman budaya pakaian adat.


 


Social Studies learning is a field of study that examines human life in the surrounding environment. The background of this research is about technology-based learning media used in learning at Kalisidi 01 Elementary School, Semarang Regency. Therefore, researchers developed prezi-based learning media. This study examines the feasibility and the effectiveness of prezi-based learning media. The research was conducted from February 1 to June 2022. The type of research used was Research and Development (R&D). Data collection techniques used test techniques, interviews, observation, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques used the initial data analysis with the normality test, and the final data analysis with the t-test and n-gain. The results showed that prezi-based learning media was feasible to use with the percentage obtained from media experts of 100% and the percentage from material experts was 91.33%. The results of the t test show that the t count is 12.172 and the t table is 1.675, so the comparison obtained is 12.172 > 1.675 so that the statement H0 is rejected and Ha is accepted. Student learning outcomes using prezi-based learning media are 80.615 while the gain value is 0.615 with moderate criteria in conclusion, prezi-based learning media is effective to improv student learning outcomes of Social Studies in 4th Kalisidi 01 Elementary School material on cultural diversity of traditional clothing.