Abstract

Abstrak


Media pembelajaran memiliki peran membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kurangnya penggunaan media berbasis elektronik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi disebabkan guru hanya menggunakan teks bacaan yang terdapat pada buku guru sehingga mengakibatkan rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik strip elektronik, menguji kelayakan dan keefektifan media komik elektronik sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cipinang 05 Pagi berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir menggunakan uji t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan, 1) desain media komik strip elektronik menggunakan aplikasi Clip Studio Paint dan Adobe Photoshop C6 materi teks narasi, 2) kelayakan media komik strip elektronik dapat dibuktikan dari presentase penilaian ahli materi sebesar 92% kategori sangat layak, ahli media sebesar 91% kategori sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 75% kategori layak, 3) keefektifan media komik strip elektronik dapat dibuktikan pada uji N-gain pada uji kelompok kecil sebesar 0,39 kategori sedang dan pada kelompok besar sebesar 0,39 dan 0,46 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik strip elektronik desainnya layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V.


Learning media has a role in assisting teachers in delivering learning material. The lack of use of electronic-based media in learning Indonesian narrative text material is caused by the teacher only using the reading text in the teacher's book resulting in low students' reading comprehension skills. This study aims to develop electronic comic strip media and test the feasibility and effectiveness of electronic comic media as a solution to overcome problems. This type of research is Research and Development using the ADDIE development model. The subjects of this study were 32 students in class V at SDN Cipinang 05 Pagi.Data collection techniques using observation instruments, interviews, questionnaires, and documentation. The final data analysis technique uses the t-test and N-gain test. The results showed electronic comic strip media designing the Clip Studio Paint application and Adobe Photoshop C6 narrative text material. The feasibility of electronic comic strip media can be proven from the percentage of material experts' assessments is 92% in the very feasible category, media experts are 91% in the very feasible category, and linguists are 75% in the feasible category, The effectiveness of electronic comic strip media can be proven in the testN-gainin the small group test of 0.39 in the medium category and the large group of 0.39 and 0.46 in the medium category. Based on the study results, the development of electronic comic strip media designs is feasible and effective in improving the reading comprehension skills of fifth-grade students.