PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA EZITERIAKBAN SDN PANGGUNG LOR
Muhamad Adip Prajoko Utomo, Fine Refiane, Henry Januar. S, Agus Junaidi
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Panggung Lor melalui model kooperatif learning berbantuan model Ezi Tariakban. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69,64 dengan presentase ketuntasan klasikal 53,57%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 78,21 dengan presentase ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat sampai nilai 87,5 dengan presentase ketuntasan klasikal 92,86%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning berbantuan media Ezi Teriakban pada siswa kelas III SD Negeri Panggung Lor Semarang.
The purpose of this research is to improve learning outcomes of 3rd grade SD Negeri Panggung Lor using cooperative learning model with Ezi Tariban media. This research implemented with classroom action research method with research procedures through planning, action, observation and reflection. This research was conducted in 3 cycles with 3rd grade of elementary school which consists of 28 students as research subjects. The results of this research are in cycle I, the average of student learning outcomes is 69.64 with a classical completeness percentage of 53.57%. In cycle II, the average of student learning outcomes increase to 78.21 with a classical completeness percentage of 75%. In cycle III the average of student learning outcomes increase to 87.5 with a classical completeness percentage of 92.86%. From the data above, it can be concluded that there is improvement in student learning outcomes through cooperative learning model using media Ezi Teriakban of 3rd grade students in SD Negeri Panggung Lor Semarang.