Abstract

Hasil belajar dan konsentrasi belajar siswa yang masih rendah, pengaruh teknologi serta minimnya penggunaan media dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini termasuk research and development (R&D) model Borg and Gall dengan tujuan mendeskripsikan proses pengembangan, menguji kelayakan dan keefektifan media video animasi doratoon muatan pembelajaran PPKn kelas V tema 8 Subtema 1. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan tekni tes dan nontes. Adapun hasil penelitian ini yakni pengembangan media komik dengan model Borg and Gall melalui 8 dari 10 tahapan yang ada dengan pengembangan pada aspek konten dan tampilan, media juga mendapatkan kategori sangat layak dengan penilaian ahli materi 96%, ahli media 88%, tanggapan positif guru 100% serta siswa 93%. Media video animasi doratoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretst 66,1 dan posttest 82,4 sehingga media animasi doratoon memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria sedang.