Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan media power point ditinjau dari kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri Sekaran 01. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experimental. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang meliputi uji prasyarat, uji persamaan rata-rata, dan analisis data akhir. Hasil uji KKM pada kelas eksperimen mencapai KKM tidak kurang dari 75%, sedangkan pada kelas kontrol tidak mencapai KKM. Hasil uji t-test memperoleh nilai signifikansi (2- tailed) 0,001 < 0,5 sehingga H0 ditolak. Hasil uji n-gain menunjukkan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (0,72 > 0,65). Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran NHT dengan media kartu kerja lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan media power point ditinjau dari kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika materi pengolahan data kelas V SD Negeri Sekaran 01.