PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTABAR PONTA SENI TARI DI SDN WONOSARI 03
Hana Andriana, Deasylina da Ary
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi pola lantai sangat rendah. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan prapenelitian adalah penggunaan media yang masih terbatas, kurang kreatif, inovatif, dan menarik perhatian siswa sehingga siswa mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media kartabar ponta untuk meningkatkan hasil belajar seni tari materi pola lantai. Penelitian ini merupakan penelitian Research adn Development (R&D). Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumen. Teknik analaisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode snowball throwing dan model Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartabar ponta dinyatakan sangat layak digunakan media pembelajaran. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebesar 0,38 dengan selisih rata-rata 12,3 dengan kategori sedang, uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest
Abstract
This research is motivated by observational data which shows the acquisition of student learning outcomes in the floor pattern material is very low. Based on the problems found in the pre-research, the use of media is still limited, less creative, innovative, and attracts students' attention so that students get bored easily in learning activities. This study aims to find out how the development, feasibility, and effectiveness of kartabar ponta media to improve learning outcomes in the art of floor pattern dance material. This research is a Research and Development (R&D) study. Research data obtained through interviews, tests, questionnaires, and documents. Data analysis techniques use product analysis, initial data analysis, and final data analysis. The method used in this study is the snowball throwing method and the Borg and Gall model. The results of this study indicate that kartabar ponta is declared very suitable for use as learning media. Pretest and posttest learning outcomes calculated using the n-gain increased by 0.38 with an average difference of 12.3 in the medium category, testing the average difference using the t-test obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 <0.05 then there is a significant difference between learning outcomes in the pretest and posttest.