Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis permulaan di SD Negeri 01 Panunggalan Kabupaten Grobogan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelaran yang masih sederhana seperti gambar dan video yang didapatkan melalui internet tanpa dimodifikasi sesuai karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan hasil kelayakan, dan menguji keefektifan media kubus tulis huruf pintar yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan jenis ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation). Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa pretest dan posttest dan teknik non-tes berupa angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peneliti berhasil mengembangkan media kubus tulis huruf pintar dan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran karena memperoleh presentase kelayakan media sebesar 94% dan presentase kelayakan materi sebesar 95%, serta angket kebutuhan guru memperoleh presentase 97% dan angket kebutuhan siswanya 95%. Keefektifan media kubus tulis huruf pintar ditunjukkan melalui hasil perhitungan uji t yang memperoleh nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 9,536 lebih kecil dari 1,703 dan peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media kubus tulis huruf pintar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan.


This research was motivated by the low initial writing skills at elementary school  Panunggalan 01, Grobogan Regency. This is because of the use of simple learning media such as images and videos obtained through the internet without being modified according to the characteristics of elementary school students. This study aims to develop, describe the feasibility results, and test the effectiveness of smart letter writing cube media used to improve the initial writing skills of first grade students. This research is a development research with the type of ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subjects of this study were 28 first grade students. The data collection techniques used are test techniques in the form of pretest and posttest and non-test techniques in the form of questionnaires, interviews, and documentation studies. The data analysis techniques are product data analysis techniques, initial data analysis, and final data analysis. The results showed that researchers succeeded in developing smart letter writing cube media and were declared suitable for use as learning media because they obtained a percentage of media feasibility of 94% and a percentage of material feasibility of 95%, and teacher needs questionnaires obtained a percentage of 97% and student needs questionnaires of 95%. The effectiveness of the smart letter writing cube media is shown through the calculation results of the t-test which obtained a tcount value smaller than ttable, which is 9.536 smaller than 1.703 and an average increase (N-gain) of pretest and posttest data of 0.62 with moderate criteria. This research concludes that the smart letter writing cube media is very feasible to be used as a learning medium and is effective for improving initial writing skills.