Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Two Stay Two stray dengan Media Puzzle. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, angket respon siswa dan tes. Data dianalisis mengggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan guru pada siklus pertama memperoleh skor 20, pada siklus kedua memperoleh skor 28, dan siklus ketiga memperoleh skor 33; (2) Aktivitas siswa pada siklus pertama memperoleh skor 22, siklus kedua menjadi 28.6, dan siklus ketiga memperoleh skor 34,1; (3) Respon siswa pada siklus 1,2 and 3 meningkat dari 91%, menjadi 93% dan menjadi 100%; (4) Hasil belajar siswa secara klasikal siklus pertama 61%, siklus kedua 82%, dan siklus ketiga 93%, Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model two stay two stray dengan media puzzle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

 

This research aims to improve the quality science instructional through two stay two stray model with puzzle. The design of research used classroom action research is conducted in three cycles includes planning, implementation, observation, and reflection. The data collection techniques using observation, field notes, interview, documentation, and test. The data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive. The results of research showed that: (1) Teacher skills in first cycle scored 20, in second cycle scored 28, and third cycle scored 33; (2) Students activity in first cycle scored 22, second cycle becomes 28.6, and third cycle scored 34,1; (3) Student’s Respons in first cycle becomes 91%, second and third cycles 2 and 3 becomes 93% and 100%; (4) Classical outcomes completeness in first cycle was 61%, second cycle 82%, and third cycle 93%. Conclusions from of this research is through two stay two stray model with puzzle can improve the quality of science instructional.