Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model quantum teaching dengan media audiovisual pada siswa kelas VD SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 (baik), siklus II memperoleh skor 27 (sangat baik), meningkat pada siklus III dengan skor 30 (sangat baik); (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 19 (cukup); siklus II memperoleh skor 23 (baik), siklus III meningkat menjadi 28 (sangat baik); (3) hasil belajar siswa siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 66% (baik), siklus II menjadi 73% (baik) dan mengalami peningkatan siklus III menjadi 81% (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah melalui model quantum teaching dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

 

The research aimed to improve science instructional quality through quantum teaching model with audiovisual media in VD Grade State Elementary School Ngaliyan 01 Semarang. The research was using classroom action research in three cycles includes the planning, implementation, observation, and reflection. The data was collected using test, observation, learning log, and documentation. Data were analyzed using quantitative descriptive and qualitative analysis. The result of the research showed that the teacher skill in first cycle scored 21 (good), in second cycle scored 27 (very good), It improved in third cycle scored 30 (very good). Students activity in first cycle scored 19 (enough), in second cycle scored 23 (good), it improved in the third cycle to 28 (very good). Classical completeness of students learning outcome in the first cycle was 66% (good), in second cycle was 73% (good), and it improved in the third cycle to 81% (very good). The conclusion of the research is quantum teaching model with audiovisual media can improved the quality of science instructional.