PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Talking Stick dengan media audio-visual pada siswa kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22(baik), siklus II memperoleh skor 24 (baik), dan siklus III memperoleh skor 28 (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 22,48 (baik), siklus II memperoleh rata-rata skor 24,58 (baik), dan siklus III memperoleh rata-rata skor 27,37 (sangat baik).(3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 57,5% (sedang), mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 74,75%(tinggi), dan mengalami peningkatan di siklus III menjadi 85,75%(sangat tinggi). Simpulan penelitian adalah penerapan model Talking Stick dengan media audio-visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.
Â
The purpose of this research was to improve the quality of civic education instructional through talking stick model with audio-visual media for IVB students in SDN Purwoyoso 03 Semarang. The research used the design of classroom action research which conducted to three cycles. Each cycles consisted of one session. The procedur of the research were planning, acting, observing, and reflecting. The type of the data were quantitative and qualitative.The technic of data analysed quantitative descriptive and qualitative analysed technic. (1) Teacher skills in the first cycle obtained a score of 22(good), the second cycle scored 24 (good) and third cycle scored 28 (excellent). (2) Students activity in the first cycle got an average score of 22,48 (good)., the second cycle obtained an average score of 24,58 with (good), and the third cycle obtained an average score of 27,37 (excellent). (3) Students instructional outcome in the first cycle was 57,5% (enough), it increased in the second cycle to 74,75% (very high), and it increased in the third cycle to 85,75%. The conclusion of this research was talking stickmodel with audio-visual can improved the quality of civic education instructional.