PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PETUASINA BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD
Wahyu Wijayanti, Moh. Fathurrahman
Abstract
Abstrak
Keterbatasan penggunaan media menyebabkan hasil belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif petuasina (Petualangan Si Bona) berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitia adalah siswa kelas V SDN Girimargo 1 Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t, uji N-Gain. Menghasilkan produk multimedia interaktif petuasina (Petualangan Si Bona) berbasis Adobe Flash materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kelayakan media dari ahli materi 85,8% (sangat layak) dan ahli media 88% (sangat layak). Keefektifan media diuji dari hasil nilai pretest dan posttest meggunakan uji t berpasangan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,050 yang dinyatakan bahwa Ha diterima, dengan peningkatan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,4604 (sedang) menunjukkan bahwa multimedia interaktif petuasina (Petualangan Si Bona) berbasis Adobe Flash efektif meningkatakan hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif petuasina (Petualangan Si Bona) berbasis Adobe Flash layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Girimargo 1 Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.
The limited use of media causes low mathematics learning outcomes. This study aims to develop, determine the feasibility and effectiveness of interactive multimedia petuasina (Adventure Si Bona) based on Adobe Flash to improve mathematics learning outcomes of grade V elementary school students. The type of research used is Research and Development (R&D) research with the ADDIE model. The research subject was a grade V student of SDN Girimargo 1 Miri District, Sragen Regency. Data collection techniques use interviews, observations, questionnaires, tests, and documentation. Data analysis techniques are normality test, t test, N-Gain test. Produce interactive multimedia products petuasina (Adventure Si Bona) based on Adobe Flash material operations to calculate addition and subtraction of integers. Media notability from material experts 85.8% (very feasible) and media experts 88% (very feasible). The effectiveness of the media is tested from the results of pretest and posttest values using a paired t test with sig values. (2-tailed) of 0.000<0.050 which stated that Ha was accepted, with an average increase in N-Gain test of 0.4604 (moderate) showed that interactive multimedia petuasina (Adventure Si Bona) based on Adobe Flash effectively improved student learning outcomes. The conclusion of this research resulted in interactive multimedia petuasina (Adventure Si Bona) based on Adobe Flash suitable for use in learning and effectively improving mathematics learning outcomes of grade V students of SDN Girimargo 1 Miri District, Sragen Regency.