PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN NAPIER DILENGKAPI LKPD PADA BILANGAN CACAH KELAS III
Fitri Wulandari , Trimurtini
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang diberikan guru kepada peserta didik dalam menyampaiakan materi pada pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan dan keefektifan media papan napier dilengkapi LKPD untuk upaya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri Sewukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian pengembangan Borg and Gell hanya sampai pada langkah ke-8. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Produk media papan napier dilengkapi LKPD berbentuk media fisik yang menggunakan aplikasi CorelDraw dan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan ahli media mendapatkan kriteria sangat layak. Media papan napier dilengkapi LKPD efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian bersusun. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung (2,659) > ttabel (2,576) pada skala kecil, dan thitung (6,512) > ttabel (2,144) pada skala besar yang artinya adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest, serta hasil uji N-gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 0,43 dan 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media papan napier dilengkapi LKPD dikembangkan berbentuk media fisik yang menggunakan aplikasi Corel Draw dan Canva, dan pengembangan media papan napier dilengkapi LKPD layak serta efektif digunakan pada pembelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian bersusun.
This study was motivated by the lack of learning media that teachers provide to students as teaching materials in mathematics classes. The purpose of this study was to develop a design, test the feasibility and effectiveness of the Napier board media equipped with LKPD to improve the learning outcomes of third-grade Mathematics students at SD Negeri Sewukan. This research used Research and Development (RnD) research with the Borg and Gell development research model only up to the 8th step. Data collection techniques using test and non-test techniques. Data analysis techniques with normality test, homogeneity test, t-test, and N-gain test. Napier board media products are equipped with LKPD in the form of physical media using Corel Draw and Canva applications. The results showed that the assessment from material experts and media experts received very feasible criteria. Napier board media equipped with LKPD is effectively used in learning Mathematics material on multiplication and division in series.This is evidenced by the results of the t-test, which shows that t-count (2.659) > t-table (2.576) on a small scale, and t-count (6.512) > t-table (2.144) on a large scale, which means that there is a difference between pretest and posttest values, as well as N-gain test results which show an average increase of 0.43 and 0.57 which are included in the medium category. The conclusion of this study is that Napier board media equipped with LKPD was developed in the form of physical media using the Corel Draw application and Carva, and the development of Napier board media equipped with LKPD feasible and effective use in learning Mathematics multiplication and division materials.