PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model Numbered Head Together dengan media Audio-visual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat pada setiap siklus, yaitu pada siklus I memperoleh skor 24 (baik), siklus II memperoleh skor 27 (baik), siklus III memperoleh skor 35 (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklus yaitu siklus I memperoleh rerata skor 15,11 (baik), siklus II 17,58 (baik), dan siklus III 23,84 (sangat baik). Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,06 ketuntasan klasikal 72,73% (baik), siklus II 78,03 ketuntasan klasikal 78,79% (baik), dan siklus III 90,30 ketuntasan klasikal 90,91% (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah model Numbered Head Together dengan media Audio-visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas II SDN Pakintelan 03 Kota Semarang.
Â
The purpose of this research is to improve the quality of civics using Numbered Head Together with audio-visual media. The research was designed using classroom ation research in three cycles. Each cycle consisted of one meeting. Classroom action research consisted of four stages including planning, implementation, observation, and reflection. The technique of data collection used observation, documentation, and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that teacher skill improved in each cycle. First cycle scored 24 (good). The second cycle scored 27 (good). The third cycle scored 35 (very good). Student activity in first cycle obtained an average score of 15,11 (good). The second cycle was 17,58 (good). The third cycle was 23,84 (very good). Students learning result in the first cycle obtained an average value of 76,06 classical completeness of 72,73 % (good). The second cycle was 78,03 classical completeness of 78,79% (good). The third cycle was 90,30 classical completjeness of 90,91 % (very good). The conclusion of research was Numbered Head Together with audio-visual media can improved the quality of civic education instructonal sains in class II elementary school of Pakintelan 03 Semarang.